Jangan terjebak pada guru musik handal

17 Mar 2015

Saat anda memutuskan untuk menekuni satu instrument musik dan ternyata tidak berhasil secara otodidak maka les musik adalah jalan keluar yang terbaik. Namun ketika memilih tempat les musik pun banyak hal yang perlu anda perhatikan, mulai dari lokasi tempat les, infrastruktur dan guru yang mengajar. Untuk masalah guru biasanya para pemula akan memilih guru yang memiliki banyak jam terbang tampil dipublik dan masuk dalam criteria handal. Namun sebenarnya pemikiran ini pun bisa menjebak anda, sebab tidak semua pemusik handal piawai menjadi guru.

Karena itu penting sekali bagi anda untuk memperhatikan bagaimana seorang guru musik mengajar muridnya. Apakah dia lebih banyak menerangkan, atau lebih banyak diam dan menjelaskan dengan praktek langsung. Metode praktek langsung memang bagus karena anda bisa mendapatkan contoh bermain pada saat itu juga, namun tanpa dukungan penjelasan tentunya anda hanya bisa mengikuti tanpa tahu dasar-dasar permainannya dimulai dari mana. Andapun kemudian hanya bisa menjadi penonton dan tidak bisa mengambil ilmu dari les yang sudah anda bayar mahal.

Pastikan guru anda adalah orang yang piawai mengajar dan menguasai instrument secara praktik dan teori. Seimbangkan dengan latihan rutin dirumah, beli gitar, keyboard atau instrument lain pilihan anda dan contohlah permainan guru anda ditempat les. Jika ada yang tidak bisa anda kuasai jangan ragu untuk meminta guru anda menjelaskan ulang, karena itu menjadi bagian dari hak anda sebagai seorang murid. Tapi anda juga harus tahu diri sejauh mana anda boleh merepotkan guru musik, jangan sampai anda menganggu kegiatan pribadinya sehari-hari.


TAGS Jangan terjebak pada guru musik handal


-

Author

Follow Me